Senin, 26 September 2011

posting pertama : promosi LPPB - UPI


PENGANTAR
Laboratorium Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan merupakan laboratorium yang memiliki fungsi untuk melayani kegiatan akademik kepada mahasiswa dalam beberapa mata kuliah praktikum, mengembangkan dan meneliti teknik dan pendekatan dalam bimbingan dan konseling serta memberikan layanan kepada masyarakat. Salah satu program layanan LPPB kepada masyarakat adalah melakukan pemeriksaan psikologis (psikotes) untuk berbagai kepentingan baik di bidang pendidikan atau industri. Pada bidang pendidikan hasil pemeriksaan psikologis dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam penempatan peserta didik dalam program /jurusan yang ada di sekolah, seleksi calon peserta didik untuk program SBI dan akselerasi, mendeskripsikan potensi yang dimiliki oleh individu, memberikan rekomendasi bagi layanan bimbingan dan konseling yang sesuai dengan kebutuhan individu dan potensinya. Pada bidang industri, hasil pemeriksaan psikologis dapat dijadikan pertimbangan dalam rekruitment calon karyawan, dan pembinaan karyawan.

LAYANAN PEMERIKSAAN PSIKOLOGIS
Pemeriksaan psikologis merupakan suatu cara untuk mengungkap potensi individu melalui instrument tes psikologis yang telah distandarisasi. Potensi-potensi yang dapat diungkap di antaranya adalah kemampuan umum (inteligensi), bakat khusus, ciri kepribadian, minat pekerjaan, sikap kerja, komitmen belajar, kreativitas, kemampuan di bidang mekanik, tes potensi akademik, tugas perkembangan, dan kepemimpinan.

BIAYA DAN JADWAL PELAKSANAAN PEMERIKSAAN PSIKOLOGIS
Biaya pemeriksaan psikologis ditetapkan berdasarkan instrumen  tes yang digunakan, jarak ke tempat pelaksanaan, dan jumlah testee perkelas.  Pemeriksaan psikologis dilaksanakan pada waktu yang telah disepakati.

LAPORAN DAN TINDAK LANJUT HASIL PEMERIKSAAN PSIKOLOGIS
Sebelum pelaksanaan pemeriksaan psikologis, kami memberikan layanan informasi mengenai pemanfaatan dan implikasi data hasil pemeriksaan psikologis sesuai dengan keperluan.
Hasil pemeriksaan psikologis yang diserahkan  kepada pengguna berupa laporan kelompok dan laporan individual. Laporan kelompok memuat rekapitulasi hasil pemeriksaan psikologis, keterangan mengenai tes yang digunakan, serta norma/ kategori skor tes peserta. Sementara itu, laporan individual memuat deskripsi hasil pemeriksaan psikologis (psikogram), tafsiran dan saran untuk pengembangan.
Setelah laporan hasil pemeriksaan psikologis diserahkan pada lembaga/sekolah pengguna jasa, kami menyediakan kegiatan pendampingan berdasarkan permintaan lembaga/sekolah yang bersangkutan.

LEMBAGA DAN SEKOLAH CUSTOMER
PUSBIKTEK (KIMPRASWIL) PU se-Indonesia, RSUD Cicalengka, DEPARTEMEN AGAMA KANWIL Jawa Barat, DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL KANWIL Banten, PT. Texmaco, BANK BNI, BANK Yudha Bhakti, STT Telkom, STIKES Darma Husada, SMAN 1 – 27 Bandung, SMANegeri/Swasta, MA Negeri/Swasta dan SMK Negeri/Swasta se-Jawa Barat dan Banten.

PEMBINA DAN PELAKSANA

1.   
Prof. Dr. H.Sunaryo Kartadinata, M.Pd.
2.   
Prof. Dr. H. Cece Rakhmat, M.Pd.
3.   
Prof. Dr. H. Syamsu Yusuf LN.,M.Pd.
4.   
Prof. Dr. H. Ahman, M.Pd.
5.   
Prof. H. Furqon, Ph.D.
6.   
Prof. Dr. Uman Suherman A. S., M.Pd.
7.   
Prof. Dr. H. Achmad Juntika Nurihsan, M.Pd.
8.   
Dr. H. Agus Taufiq, M.Pd.
9.   
Dr. M. Solehudin, M.A., M.Pd.
10.      
Dr. Hj. Nani M.Sugandi, M.Pd.
11.      
Dr. H. Mamat Supriatna, M.Pd.
12.      
Dr. Hj. Euis Farida, M.Pd.
13.      
Dr. Nandang Rusmana, M.Pd.
14.      
Dr. Anne Hafina, M.Pd.
15.      
Dr. Suherman, M.Pd.
16.      
Dr. Ilfiandra, M.Pd.
17.      
Dr. Ipah Saripah, M.Pd.
18.      
Drs. Yaya Sunarya, M.Pd.
19.      
Drs. Amin Budiamin, M.Pd.
20.      
Drs. Nurhudaya, M.Pd.
21.      
Dadang Sudrajat, S.Pd., M.Pd
22.      
Nandang Budiman, S.Pd.,  M.Si.
23.      
Dra. Hj. S.W. Indrawati, M.Pd., Psi.
24.      
Dra. Yusi Riksa Yustiana,M.Pd.
25.      
Dra. Hj. Setiawati, M.Pd
26.      
Dra. Aas Saomah, M.Si.
27.      
Dra. Chandra Affiandary, M.Pd., Psi.
28.      
Dra. Siti Asfiyayi Lily Nurillah, M.Pd
29.      
Drs. Sudaryat Nurdin Ahmad
30.      
Dra. R. Tati Kustiawati
31.      
Eka Sakti Yudha, M.Pd

ALAMAT DAN NO. KONTAK
Laboratorium Jurusan Psikollogi Pendidikan dan Bimbingan Gedung  FIP  Lt 3 Ruang 3.321 .
Jln. dr. Setiabudhi No. 229 Bandung.
No. Tlp/Fax : (022)2007175 (pkl. 09.00 – 15.00 WIB)
Email            : lppb-upi@gmail.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar